Langsung ke konten utama

5 Olahan Durian Yang Wajib Dicoba



Indonesia merupakan Negara pemilik jenis durian terbanyak di dunia. Hal ini karena terdapat puluhan jenis durian yang menyebar di seluruh Nusantara. Oleh karena melimpahnya buah durian di Indonesia, masyarakat Indonesia pun menciptakan aneka jenis panganan berbahan durian agar cara menikmati durian tidak monoton.
Berikut inspirasi hidangan dengan bahan dasar dari si buah berduri ini :

1. Pancake Durian
Pancake durian adalah makanan ringan berupa daging durian dan vla atau krim kocok yang dibalut dengan kulit crepes atau dadar gulung. Panganan ini pertama kali dipelopori oleh pedagang-pedagang kue rumahan di Kota Medan, dan lambat laun tersebar di kota-kota lain di Indonesia, seperti Jambi, Semarang, Jakarta, dan lain-lain.
Para pedagang pancake durian juga membuat banyak variasi rasa krim, selain variasi daging durian yang digunakan. Pada umumnya pancake durian menggunakan krim kocok polos berwarna putih, namun sekarang ini banyak pula pedagang pancake yang memodifikasi krim kocok dengan bercita rasa lain seperti coklat, keju, dan lain-lain.

2. Es Krim Durian
Inspirasi olahan durian mampu dijadikan sebagai makanan penutup seperti es krim durian. Bahkan orang yang tidak suka buah durian akan ketagihan juga dengan eskrim yang satu ini karena memang es krim durian memiliki rasa yang enak, lembut dan menyegarkan.
Bahan pembuatan es krim durian ini mudah ditemui di pasaran dengan harga yang relatif murah. Beberapa diantaranya adalah gula, garam, santan, whipped cream, susu dan sebaginya. Es krim durian juga mampu dipadukan bersama roti tawar, puding dan makanan penutup lainnya.

3. Jus Durian
Buah durian juga mampu dikonsumsi dalam bentuk minuman yaitu Jus Durian. Jus durian mampu mendukung sistem pencernaan yang sehat termasuk bagian lambung. Cara pembuatannya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama disbandingkan dengan olahan lainnya. Bahan yang dibutuhkan antara lain daging buah durian, susu kental manis dan es batu apabila ingin mengonsumsi dalam penyajian dingin. Pembuatan jus durian ini bisa dilakukan dengan bantuan blender agar jus yang dihasilkan lebih halus dan kental.

4. Lapis Kukus Durian
Kue lapis durian adalah makanan yang sedang tren saat ini. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna atau lebih yang berlapis-lapis, sehingga disebut dengan kue lapis. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung tapioca, gula, garam santan dan daging buah durian tentunya. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui menjadi oleh – oleh khas tiap daerah di Indonesia.

5. Ketan Durian
Buah durian juga kerap kali disebut sebagai rajanya buah-buahan (king of fruits). Maka bukan hal yang mengherankan jika harga dari durian cukup mahal. Tidak hanya dimakan secara langsung, buah durian juga sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah ketan durian.
Ketan Durian adalah makanan jajanan Indonesia khas tempo dulu yang sekarang jarang dikenal oleh kaum generasi muda. Ketan Durian sangat digemari karena aroma  durian yang khas terdiri dari kuah aroma durian dan ketan punel beserta fla duriannya.

Demikian beberapa inspirasi olahan buah durian dan masih banyak lagi olahan buah durian yang bisa dikreasikan. Kegiatan pengolahan durian ini mampu menjadi alternatif makanan saat liburan, kumpul keluarga, menghemat biaya hingga mampu menjadi sarana usaha sendiri.
Pantau terus web kami miraclepark.id dan blog kami http://blog.miraclepark.id/
Jelajahi keajaiban zaitun bersama Miracle Park. Informasi lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini http://bit.ly/AdminMiraclepark


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Durian Bawor. Durian Unggulan Asli Banyumas

Daging durian bawor yang sangat tebal Indonesia merupakan penghasil durian terkenal di dunia. Varietasnya beragam dan kaya dengan cita rasanya yang unik antara satu sama lain. Durian – durian lokal ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Jenisnya durian lokal ini mencapai ratusan varietas, di antaranya adalah Durian Bawor asal Banyumas. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas, Widarso mengungkapkan buah yang dijuluki sebagai “King of Fruit” atau rajanya buah ini digadang-gadang menjadi pesaing Durian Monthong karena memiliki kemiripan. Karena itu, dia menjamin durian di wilayahnya mengungguli rasa durian manapun karena memiliki keunggulan rasa dihasilkan dari mengutamakan bibit unggul. Penyuluh Kecamatan Kemranjen, Nasipan menuturkan besarnya harga durian Bawor ditentukan dari ukuran berat. Satu kilo durian pada musim panen dihargai rata-rata Rp 50 ribu, sementara berat rata-ratanya 3 kg per buah. “Artinya, tergambar keuntungan para petani apabila puncak tanam di u

Review durian tembaga Indonesia

durian tembaga Indonesia Anda pencinta buah durian? Coba cicipi sensasi lezat durian tembaga asal Kabupaten Siak, Riau ini. Manis legit dengan jejak sedikit pahit. Lezat! Durian memang banyak jenis dan rasanya. Di tiap daerah di Indonesia punya jenis durian yang khas. Sebut saja durian Medan dan durian Pati yang spesial rasanya. Buah yang harum ini memang selalu menggoda dan selalu bikin penasaran untuk mencicipinya. Jika Anda berkunjung ke kota Siak, berjarak 98 km dari Pekanbaru jangan lupa mencicipi durian tembaga. Durian ini memang selalu dinantikan saat musim panen. Durian tembaga ini, sekilas tidak jauh beda dengan durian pada umumnya. Mulai bentuk sampai ukurannya. Perbedaan dengan durian lain, baru akan diketahui jika sudah dibelah. Durian ini punya ciri khas khusus setiap ruasnya hanya ada satu biji durian saja. Memang ada kadang setiap ruas lebih dari satu bijinya. Paling banyak hanya ada dua, kalaupun ada yang tiga biji itu sangat jarang dijumpai. Bisa dibayan

WOW 8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

Buah yang identik dengan duri dan aroma yang khas ini ternyata mengandung beraneka ragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Durian mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein.  Kabar gembira bagi Anda pecinta buah durian. Buah durian ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, dalam 100 gr buah ini mengandung sekitar 27 gr karbohidrat, 4 gr serat, 1,5 gr protein, 5 gr lemak, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat durian yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah durian bagi kesehatan tubuh : 1. Mencegah dan mengobati sembelit Buah durian mengandung fiber (serat) sebanyak 37%. Kandungan ini diketahui mampu membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Sel – sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk membantu menjaga agar tetap sehat. Sehingga serat mampu menja