Langsung ke konten utama

WOW 8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui


Buah yang identik dengan duri dan aroma yang khas ini ternyata mengandung beraneka ragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Durian mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein. 
Kabar gembira bagi Anda pecinta buah durian. Buah durian ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, dalam 100 gr buah ini mengandung sekitar 27 gr karbohidrat, 4 gr serat, 1,5 gr protein, 5 gr lemak, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat durian yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah durian bagi kesehatan tubuh :
1. Mencegah dan mengobati sembelit
Buah durian mengandung fiber (serat) sebanyak 37%. Kandungan ini diketahui mampu membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Sel – sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk membantu menjaga agar tetap sehat. Sehingga serat mampu menjaga saluran pencernaan hingga mencegah serta mengobati sembelit.
2. Mencegah anemia
Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia menjadi pucat dan mudah lelah.
Kandungan asam folat pada durian sekitar 22% sangat berperan penting dalam memproduksi hemoglobin dan mengurangi anemia. Selain itu asam folat mampu meningkatkan pertumbuhan jaringan secara teratur dan melindungi otak serta tulang belakang bayi.
Asam folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini diperlukan dalam pembangunan tubuh karena bersifat multifungsi, mulai dari membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah.
3. Memperbaiki kesehatan kulit
Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam merawat kulit agar sehat dan terlindung dari kerusakan. Manfaat vitamin C untuk kulit bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C pada durian berfungsi sebagai bahan baku pembuat kolagen. Kolagen sangat berperan dalam menjaga keremahaan kulit. Salah satu makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi adalah buah durian.
Dalam 100 gram durian mengandung sekitar 22.9 sampai 107 mg. Vitamin C tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit namun juga menjaga kesehatan mata, mencegah penuaan dini, mengurangi resiko terkena stroke serta mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.
4. Menjaga kesehatan tulang
Potassium atau biasa disebut Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada beragam manfaat kalium bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah melindungi tubuh dari berbagai penyakit terutama tulang. Asupan kalium bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah durian karena mengandung potassium hingga 30%.
Potassium berperan untuk menjaga kalsium agar tidak terbuang melalui urine. Selain itu, potassium juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang, sehingga tulang tidak kehilangan kepadatannya (osteoporosis) dan tidak mudah patah.
5. Meredakan migrain
Selain nikmat saat dikonsumsi , buah durian memiliki segudang manfaat salah satunya membantu meredakan migrain. Hal ini karena adanya kandungan riboflavin pada buah durian.
Riboflavin adalah vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses penguraian karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Vitamin B yang terkandung pada buah durian dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit kepala akibat migrain.
6. Mencegah depresi
Menurut World Journal Of Pharmaceutical Research, buah durian mengandung vitamin B6 38% dan  asam amino bernama tryptophan. Ini adalah senyawa penginduksi tidur alami yang memetabolisasikan hormon melatonin dan serotonin. Melatonin terlibat dalam siklus tidur-bangun dan serotonin terlibat dalam mempromosikan tidur, suasana hati, dan kognisi. Ini menurunkan risiko depresi dan stres.
Ada banyak masalah yang dapat ditimbulkan oleh stres terhadap tubuh. Hampir dari segala aspek mulai dari depresi dan kegelisahan hingga sakit kepala, makan berlebih, nyeri pada sendi dan otot, dan insomnia. Bahkan yang lebih parahnya lagi, stres juga dapat mengakibatkan serangan jantung.
7. Membantu pembentukan tulang dan gigi
Fosfor merupakan salah satu mineral yang dapat ditemukan dalam setiap sel tubuh manusia. Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa ada begitu banyak manfaat Fosfor bagi tubuh manusia.
Salah satu manfaat Fosfor terbesar bagi kesehatan tubuh adalah membantu proses pembentukan tulang dan gigi yang sehat. Sedangkan peran lain dari fosfor yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kinerja proses pencernaan makanan serta membantu pengaturan proses pembuangan sisa metabolisme dan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh.
8. Mendorong nafsu makan
Durian juga kaya akan vitamin B yakni Thiamin 61%. Hal ini berperan dalam mendorong nafsu makan dan membantu menghasilkan asam klorida dalam perut untuk membantu pencernaan makanan.
Vitamin B1 atau tiamin adalah jenis vitamin B yang berfungsi untuk mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Karena vitamin B1 larut air, vitamin ini akan dibawa oleh aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Khususnya untuk menjaga fungsi sistem saraf, jantung, dan otot agar bekerja dengan baik.
Namun dalam hal ini, usahakan tidak mengonsumsi buah durian secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping.
Pantau terus web kami miraclepark.id dan blog kami http://blog.miraclepark.id/

Jelajahi keajaiban zaitun bersama Miracle Park. Informasi lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini http://bit.ly/AdminMiraclepark

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Durian Bawor. Durian Unggulan Asli Banyumas

Daging durian bawor yang sangat tebal Indonesia merupakan penghasil durian terkenal di dunia. Varietasnya beragam dan kaya dengan cita rasanya yang unik antara satu sama lain. Durian – durian lokal ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Jenisnya durian lokal ini mencapai ratusan varietas, di antaranya adalah Durian Bawor asal Banyumas. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas, Widarso mengungkapkan buah yang dijuluki sebagai “King of Fruit” atau rajanya buah ini digadang-gadang menjadi pesaing Durian Monthong karena memiliki kemiripan. Karena itu, dia menjamin durian di wilayahnya mengungguli rasa durian manapun karena memiliki keunggulan rasa dihasilkan dari mengutamakan bibit unggul. Penyuluh Kecamatan Kemranjen, Nasipan menuturkan besarnya harga durian Bawor ditentukan dari ukuran berat. Satu kilo durian pada musim panen dihargai rata-rata Rp 50 ribu, sementara berat rata-ratanya 3 kg per buah. “Artinya, tergambar keuntungan para petani apabila puncak tanam di u

Review durian tembaga Indonesia

durian tembaga Indonesia Anda pencinta buah durian? Coba cicipi sensasi lezat durian tembaga asal Kabupaten Siak, Riau ini. Manis legit dengan jejak sedikit pahit. Lezat! Durian memang banyak jenis dan rasanya. Di tiap daerah di Indonesia punya jenis durian yang khas. Sebut saja durian Medan dan durian Pati yang spesial rasanya. Buah yang harum ini memang selalu menggoda dan selalu bikin penasaran untuk mencicipinya. Jika Anda berkunjung ke kota Siak, berjarak 98 km dari Pekanbaru jangan lupa mencicipi durian tembaga. Durian ini memang selalu dinantikan saat musim panen. Durian tembaga ini, sekilas tidak jauh beda dengan durian pada umumnya. Mulai bentuk sampai ukurannya. Perbedaan dengan durian lain, baru akan diketahui jika sudah dibelah. Durian ini punya ciri khas khusus setiap ruasnya hanya ada satu biji durian saja. Memang ada kadang setiap ruas lebih dari satu bijinya. Paling banyak hanya ada dua, kalaupun ada yang tiga biji itu sangat jarang dijumpai. Bisa dibayan